Kamis, 17 November 2016

"RUCAPIN" Solusi Polemik Cantrang dari Kebijakan yang Kontroversial di Kabupaten Rembang



Bismillahirohmanirrohiim....

SMAN 2 Rembang harus bangga memiliki banyak sekali siswa siswi yang berprestasi. Dua diantara seribu lebih jumlah siswa SMAN 2 Rembang adalah Brilianza Azharul Mujahidin  

Moh. Ana Maulana Ikrom. Kedua siswa tersebut melakukan penelitian tentang Solusi Polemik Cantrang dari Kebijakan yang Kontroversial di Kabupaten Rembang.

Seperti yang diketahui bahwa rembang adalah kota pesisir pantai utara yang mayoritas utama penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Dari hasil  observasi pada nelayan di pesisir Rembang, didapatkan informasi bahwa mereka menolak kebijaksanaan tersebut , kapanpun dan sampai kapanpun karena mata pencaharian mereka dimatikan. Permasalahannya adalah mengapa konflik tersebut dapat terjadi ? Apakah nelayan tidak mengetahui informasi apapun tentang cantrang ? Apakah tidak ada kebijakan yang tepat untuk mengatasi hal ini ? Apakah pengkajian teknis baik secara konstruksi maupun operasional dari jenis alat  tangkap  cantrang  ini  penting  dilakukan  untuk  mengumpulkan informasi mengenai alat  tangkap cantrang yang semakin berkembang ? 
Informasi dan data mengenai aspek  teknis  operasional cantrang diperlukan  untuk  kepentingan  pengelolaan  dan evaluasi kinerja teknis dari alat tangkap cantrang ini sekaligus menentukan kebijakan yang memberikan solusi yang tepat bagi nelayan .
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis dalam penelitian ini mengambil judulRUCAPIN ”  Solusi Polemik Cantrang dari Kebijakan yang Kontroversial di Kabupaten Rembang. 

1.2  RUMUSAN MASALAH
1.2.1. Bagaimana polemik Cantrang di kabupaten Rembang?
1.2.2. Bagaimana  RUCAPIN  dapat memberikan  solusi polemik cantrang dari kebijakan yang kontroversial  di kabupaten Rembang ?

1.3.  TUJUAN PENELITIAN
1.3.1. Mengetahui polemik cantrang di kabupaten Rembang.
1.3.2. Mengetahui aplikasi RUCAPIN sebagai solusi polemik cantrang dari kebijakan yang kontroversial
1.4.  MANFAAT PENELITIAN
1.4.1. Memanfaatkan polemik cantrang di  Kabupaten Rembang, sebagai masukan kepada pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan. 
1.4.2. Memberikan solusi kepada pemerintah atas polemik cantrang yang sedang terjadi.

6 komentar: