Rabu, 21 Desember 2016

mFish, Asisten Nelayan Saat Melaut

Potret kehidupan nelayan selalu lekat dengan kemiskinan dan keterbelakangan. Mereka hidup dalam ketidakpastian, karena mengandalkan perahu kecil dan alat tangkap yang sederhana, sehingga hanya bisa melaut di perairan pantai.

Untuk mengetahui titik lokasi berkumpulnya ikan mereka hanya mengandalkan "insting", sehingga hasil tangkapan ikan terkadang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belum lagi ancaman bahaya angin kencang dan gelombang tinggi yang tak jarang mengancam keselamatan jiwa mereka. Para nelayan tradisional hanya mengandalkan gejala alam untuk memperkirakan cuaca.

Para nelayan Indonesia kini dapat memanfaatkan aplikasi mobile di ponsel pintar untuk memantau keadaan di laut guna mendorong produktivitas mereka. Hal itu dimungkinkan dengan memanfaatkan aplikasi " mFish " yang dikembangkan Tone asal Amerika Serikat dan didukung oleh operator telekomunikasi lokal XL Axiata.



mFish menyuguhkan tiga fitur apik yang bisa mendukung aktivitas para nelayan selama di laut. mFish ditenagai oleh fungsi navigasi yang bernama "Fish Finder". Sesuai namanya, fitur ini berfungsi melacak keberadaan ikan dan titik yang banyak dihuni plankton.
Kemudian fitur "Weather", yang memberi informasi terkait cuaca dan ketinggian ombak, serta fitur "Educational training video" yang mampu memberi penjelasan jenis ikan yang sudah langka hingga pemantauan kapal ilegal yang diprediksi masuk ke wilayah perairan lokal. mFish juga tak luput dari fitur obrolan (chatting) yang berguna untuk berbagi informasi sesama nelayan secara real time.



Aplikasi mFish ini juga memuat konten langkah-langkah yang bisa ditempuh nelayan yang terancam keselamatannya saat berlayar. Ada juga pengetahuan tentang budidaya perikanan sehingga tidak semua ukuran ikan bisa ditangkap nelayan alias harus ada yang disisakan untuk berkembang biak kembali. Juga memuat soal perkembangan harga ikan dipasar sehingga nelayan bisa memutuskan tangkapan mana yang diperbanyak karena harganya yang lebih menjanjikan. Aplikasi ini juga berguna buat pelestarian lingkungan terutama laut. Dengan mFish, nelayan akan lebih percaya diri saat melaut karena mengetahui informasi terkini dari laut yang menjadi mata pencahariannya.

Penerapan mFish turut bekerjasama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat seperti RARE, Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI), dan LINI. 




Sumber : Dari berbagai sumber



8 komentar: